RSS

Selasa, 21 September 2010

Share Tugas Kuliah Tentang Education Intructional

Tes Penguasaan

  1. Apakah yang dimaksud dengan Teknologi dan berikan salah satu contoh manfaat Teknologi bagi kehidupan!
  2. Apakah yang dimaksud dengan “Hard Technology”, mengapa dikatakan dapat meningkatkan akses, berikan contohnya!
  3. Apakah yang dimaksud dengan “Soft Technology”, mengapa dikatakan dapat meningkatkan kualitas, berikan contohnya!

Jawab :

  1. Teknologi adalah suatu rangkaian sistematis yang merupakan hasil aplikasi dari ilmu pengetahuan, termasuk didalamnya cara pandang dan media yang bertujuan untuk menolong manusia dalam menyelesaikan masalahnya.

Manfaat Teknologi:

a) Bidang Informasi : Penggunaan telepon genggam yang sudah menjadi kebutuhan, bukan barang mewah lagi karena kegunaanya itu. Selain itu, teknologi komputer dan internet, sudah menjadi salah satu kebutuhan juga yang dapat meberikan informasi.

b) Bidang Pendidikan : adanya Software-software khusus yang dipakai didalam pendidikan untuk mempermudah proses belajar mengajar.

  1. Hard Technology merupakan istilah untuk teknologi yang berwujud komponen-komponen dalam bentuk fisik/real.

Hard Technology dapat meningkatkan akses karena teknologi yang semakin berkembang luas menandakan teknologi bidang komunikasi dan informasi juga semakin berkembang, yang menyebabnkan meningkatnya akses antara manusia dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu, karena sifat penyebarannya fleksibel (dapat diakses dimanapun dan kapanpun).

Contoh :

a) Penyebaran informasi perkuliahan melalui SMS dan situs jejaring sosial.

b) Pemanfaatan mailing list dan chatting sebagai sarana pembelajaran antara mahasiswa dan dosen diluar jam perkuliahan yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

  1. Soft Technology merupakan ide, cara pandang, gagasan, cara berpikir dan kemampuan dalam memecahkan masalah dengan pemanfaatan peran teknologi keras.

Soft technology dapat meningkatkan kualitas karena soft technology menggabungkan beberapa gagasan atau mendalami masalah sehingga menjadi spesifik dan mencari solusi dari permasalahan tersebut, sehingga adanya perkembangan sistem yang lebih baik lagi.

Contoh :

a) Training pegawai baru maupun pegawai pindahan dari salah satu departemen dalam suatu perusahaan.

b) Perubahan dari metode konvensional menjadi metode belajar PAIKEM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar